Agen Travel banda aceh

Travel Agent - Mengenal Operasinya

Sesuai namanya, fungsi utama agen perjalanan adalah untuk bertindak sebagai agen, yang bisa dikatakan, menjual produk perjalanan dan jasa atas nama pemasok. Sebagai akibatnya, tidak seperti bisnis ritel lainnya, mereka tidak menyimpan persediaan barang di tangan. Sebuah paket liburan atau satu tiket tidak dibeli dari pemasok kecuali berdasar permintaan pelanggan yang membelinya. Tiket atau paket liburan disediakan untuk konsumen berdasar diskon. Keuntungan yang diterima travel agent adalah perbedaan antara harga yang diiklankan bagi pelanggan yang membayar dan harga diskon yang disediakan pemasok kepada agen. Ini dikenal sebagai komisi. Sebagai contoh, agen perjalanan di Inggris akan menetapkan komisi sekitar 10-12% sebagai upah jasa pekerjaan yang dilakukan secara baik. Di Australia, semua individu atau perusahaan yang menjual tiket harus punya lisensi sebagai agen perjalanan.

Di beberapa negara, perusahaan penerbangan telah berhenti memberikan komisi kepada agen perjalanan. Oleh karena itu, agen perjalanan dipaksa untuk mengenakan persentase premi atau biaya tetap standar, per penjualan. Bagaimanapun, beberapa perusahaan penerbangan masih memberikan persentase yang ditetapkan untuk menjual produk mereka. Perusahaan tour besar mampu melakukan hal ini, karena jika mereka mampu menjual seribu perjalanan dengan tarif lebih murah, mereka tetap dianggap lebih baik ketimbang jika mereka menjual seratus paket perjalanan pada tingkat harga yang lebih tinggi. Proses ini bermanfaat bagi kedua belah pihak.

Operasi komersial lainnya bisa dibuat, terutama oleh rantai yang lebih besar. Ini dapat mencakup penjualan asuransi, buku panduan perjalanan dan jadwal perjalanan, penyewaan mobil, dan layanan dari biro penukaran uang, berhubungan dengan mata uang yang paling populer dipakai selama liburan.
Sebagian besar agen perjalanan merasa perlu untuk melindungi diri dan klien mereka terhadap kemungkinan kegagalan komersial, baik yang terjadi atas diri mereka sendiri atau pemasok. Mereka akan mengiklankan fakta bahwa mereka adalah jaminan yang mengikat, yang berarti dalam hal kegagalan atau masalah dalam perjalanan, pelanggan dijamin penuh baik berupa liburan yang setara dengan kehilangan yang  mereka alami atau jika mereka suka, berupa pengembalian dana. Banyak lembaga perjalanan dan tour operator di Inggris dan Amerika terikat dengan International Air Transport Association (IATA),  bagi mereka yang mengeluarkan tiket pesawat, Association of British Travel Agents (ABTA) atau American Society of Travel Agents (ASTA), bagi mereka yang menjual paket liburan atas nama perusahaan tour.

Sebuah agen perjalanan seharusnya menawarkan saran perjalanan yang tidak memihak kepada pelanggan. Namun, fungsi ini hampir hilang dengan adanya pasar paket liburan secara massal dan rantai keagenan yang tampaknya mengembangkan konsep 'supermarket liburan', dimana pelanggan memilih liburan mereka dari brosur yang ada pada rak-rak dan kemudian memesannya dari counter. Sekali lagi, berbagai perubahan sosial dan ekonomi sekarang dibuat untuk membawa aspek ini kedepan sekali lagi, terutama dengan munculnya hal berikut : perjalanan tanpa embel-embel dan penerbangan murah. 

Komisi
Sebagian besar agen perjalanan beroperasi atas dasar komisi, yang berarti bahwa kompensasi dari perusahaan penerbangan, penyewaan mobil, jalur pelayaran, hotel, kereta api, dan operator tur wisata, dll, diharapkan dalam bentuk komisi dari pemesanan mereka. Paling sering, komisi terdiri dari persentase penjualan.
Di Amerika Serikat, sebagian besar maskapai penerbangan sama sekali tidak membayar komisi untuk agen perjalanan. Dalam hal ini, agen perjalanan biasanya menambahkan biaya layanan pada harga bersih tiket atau layanan.

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Travel_agency