Tarif Naik Sampai 100%, Pemudik Mulai Buru Tiket Pesawat




Metrotvnews.com, Jakarta: Masyarakat sudah mulai memburu tiket pesawat untuk mudik Lebaran 2014. Sejak awal tahun, sebagian bahkan sudah membeli tiket. Kondisi ini membuat trend penjualan tiket menanjak, meski Lebaran masih dua bulan lagi.

“Untuk saat ini, dua bulan sebelum Lebaran, pembelian tiket  pesawat tiga hari sebelum dan sesudah lebaran, pembelian cukup tinggi. Ada peningkatan penjualan hingga empat kali lipat dibanding tahun lalu,” kata  Head of Communications Traveloka.com,  Lucas Suryanata, kepada Metrotvnews.com, Senin (28/4/2014).

Berdasarkan pantauan Metrotvnews.com, di situs penjualan tiket pesawat online, rata-rata harga tiket penerbangan untuk musim mudik lebaran lebih tinggi hingga 100 persen dari harga normal.  Tiket penerbangan Jakarta --Surabaya misalnya yang biasanya dipatok, yaitu sekitar Rp400--Rp500 ribu bisa mencapai sekitar Rp900 ribu--Rp1 juta untuk periode mudik lebaran, terutama di H-3.  

“Harga itu pun masih bisa berubah, tergantung tingkat ketersediaan,” jelas Lucas.

Namun sejumlah pembeli bisa  mendapatkan harga normal. Mereka memesan di awal tahun saat sejumlah maskapai dan pihak agen penjualan tiket menggelar periode promosi.

Sementara, rute favorit   pada masa mudik Lebaran yang diburu para pemudik yaitu Jakarta--Surabaya, Jakarta- Medan dan Jakarta--Yogyakarta, serta Jakarta--Denpasar.   

“Perkiraannya jumlah penumpang mulai naik sejak 24 Juli dan puncaknya 26 Juli, untuk arus balik puncaknya pada 3 Agustus,” katanya lagi.

Berbeda dengan pemudik yang ingin mencari tiket pesawat untuk  Lebaran,   pemudik yang ingin menggunakan kereta api  sudah gigit jari.  Untuk kereta kelas eksekutif  tujuan Yogyakarta, misalnya tiket sudah terjual habis.

“Tadi pukul 13.00 WIB siang sudah habis. Saya lihat via online,” kata Linda, seorang  karyawati sebuah perusahaan di bilangan Kebon Sirih Jakarta Pusat.

Tahun lalu, Linda tetap bisa mendapat tiket mudik, dengan langsung mendatangi tempat penjualan tiket yang dibuka PT Kereta Api Indonesia dua pekan sebelum  Lebaran. Bila gagal mendapatkan tiket saat ini, Linda berharap bisa kembali beruntung seperti tahun lalu.
 

No comments: